Kamis, 20 Juni 2019 - 17:05 WIB

Diskusi Kebangkitan Wisata Maligi dengan Sekda Pasaman Barat

Pasaman Barat, – Sore ini Kolaborasi Aksi Kemanusiaan Pasaman Barat bersama tokoh-tokoh penggerak Pandah ArtGreen dan Walinagari Persiapan Maligi berkesempatan berdiskusi dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Pasaman Barat dalam rangka ekspos program unggulan Pantai Indah Maligi sekaligus minta arahan dan dukungan Pemkab Pasbar.

Diawali dengan penyampaian tujuan pertemuan ini oleh Ketua KolaborAksi Kemanusiaan Pasaman Barat, Decky H Sahputra, yang memaparkan apa-apa yang sudah dilakukan dan pihak mana saja yang telah dihubungi untuk mendapatkan dukungan terhadap kegiatan masyarakat Maligi yang dimotori oleh Pandah Artgreen.

Selanjutnya Ketua Pandah Artgreen, Bang Surya memaparkan tentang latar belakang lahirnya Pandah Artgreen dan kegiatan apa saja yang telah dilakukan bersama.

Sementara Dinas Perikanan dan Kelautan yang diwakili oleh Zulfi menyatakan akan berkoordinasi dan bekerjasama dengan Dinas di Provinsi untuk memfasilitasi dan memberikan bimbingan sehingga Maligi bisa ditetapkan sebagai Kawasan Konservasi.
Dinas Lingkungan Hidup mensupport pengadaan Bank Sampah untuk pembuatan e
Ecobrick di Maligi.

Pada kesempatan berikutnya, Ketua MRPB PEDULI Mon Eferi menyampaikan secara ringkas lahirnya MRPB PEDULI yang pada awalnya fokus pada kegiatan sosial kemanusiaan; membantu masyarakat kurang mampu untuk mendapatkan layanan kesehatan, ekonomi kerakyatan, pendidikan, pariwisata, olahraga dan membantu korban bencana alam. Kemudian dengan bergabungnya beberapa ormas lainnya, dibentuklah wadah yang lebih besar dengan nama KolaborAksi Kemanusiaan Pasaman Barat. Sampai akhirnya bertemu dengan komunitas Pandah Artgreen yang konsen pada konservasi penyu, hutan mangrove dan UMKM Maligi.

Dalam arahannya, Sekda Pasaman Barat akan meminta Seluruh OPD terkait, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Perkim, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PU agar memberikan dukungan nyata dengan memasukkan pengadaan bantuan kedalam anggaran perubahan minimal Rp 50 juta per OPD untuk melaksanakan kegiatan masing-masing OPD di Maligi.

“Silahkan rumuskan program secara rinci sampai ke masalah teknis, lalu sampaikan kepada pimpinan¬≤ OPD untuk mendapatkan dukungan. Mari kita dukung kegiatan¬≤ yang sudah ada muncul dari bawah ini. Biasanya kita dari pemda yang menawarkan kegiatan dan mencari-cari orang yang mau untuk menggerakkannya. Nah, ini sudah kelompok dari masyarakat yang sudah bergerak, sudah berbuat dan sudah nampak hasilnya. Kenapa tidak kita dukung?

Kita juga akan minta dukungan dari Dinas Koperindag untuk membantu UMKM yang telah dirintis oleh Pandah Artgreen. Kita wajib mendukung kegiatan-kegiatan semacam ini yang tumbuh dari bawah”, ujar Sekda.

Sebagai penutup, Decky Harmiko Sahputra yang juga Kabid Penanggulangan dan Kedaruratan di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasbar menyampaikan harapan atau visi kegiatan ini kepada Sekda untuk menjadikan Pantai Indah Maligi sebagai ikon baru Ekowisata Pasaman Barat.

Artikel ini telah dibaca 695 kali

loading...
Baca Lainnya

Pasbar Kabupaten Layak Anak Kategori Pratama

Deliknews.com – Sebagai salah satu Program Nasional untuk mewujudkan Indonesia Layak Anak, Pemerintah Pusat telah...

23 Juli 2019, 21:26 WIB

Polres Pasaman Musnahkan 42 Kilogram Ganja, Pelaku Diancam Penjara Seumur Hidup

Pasaman, – Polres Pasaman memusnahkan Ganja sebanyak 42 paket besar atau sekitar 42 kilogram yang...

23 Juli 2019, 12:27 WIB

LKKS Sumbar Gelar Bimtek, Nevi Zuairina: Kemiskinan Masalah Kita Bersama

Pasaman Barat, – Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Sumatera Barat (Sumbar) mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek)...

Polres Pasaman memusnahkan Ganja sebanyak 42 paket besar atau sekitar 42 kilogram yang siap edar, dimusnahkan di halaman Mako Polres Pasaman, Selasa, (23/7).

22 Juli 2019, 14:33 WIB

Forkopimda Pasaman Ikuti Upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa

Pasaman, – Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis dan Wakil Bupati Pasaman H. Atos Pratama menghadiri...

Polres Pasaman memusnahkan Ganja sebanyak 42 paket besar atau sekitar 42 kilogram yang siap edar, dimusnahkan di halaman Mako Polres Pasaman, Selasa, (23/7).

22 Juli 2019, 11:17 WIB

Atos Pratama : Generasi Muda Sebarluaskan Informasi Keselamatan Lalu Lintas

Pasaman, – Wakil Bupati Pasaman H. Atos Pratama membuka acara Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu...

Polres Pasaman memusnahkan Ganja sebanyak 42 paket besar atau sekitar 42 kilogram yang siap edar, dimusnahkan di halaman Mako Polres Pasaman, Selasa, (23/7).

19 Juli 2019, 15:44 WIB

Kejari Bersama Baznas Pasaman Bedah Rumah Warga

Pasaman, – Kejaksaan Negeri (Kejari) Pasaman bersama Baznas Pasaman bekerjasama membedah rumah warga kurang mampu...

Polres Pasaman memusnahkan Ganja sebanyak 42 paket besar atau sekitar 42 kilogram yang siap edar, dimusnahkan di halaman Mako Polres Pasaman, Selasa, (23/7).

19 Juli 2019, 15:00 WIB