Sumatera Barat

Rabu, 13 Maret 2019 - 12:53 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Diresmikan Bupati, Masyarakat Ujung Gading Miliki Kantor Nagari Baru

Pasaman Barat, -Bupati Pasaman Barat (Pasbar), H. Syahiran meresmikan Kantor Walinagari Ujung Gading, di nagari stempat, Rabu (13/3/19).

H. Syahiran berpesan kepada aparatur nagari setempat untuk menjadikan momentum tersebut sebagai semangat baru dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Alhamdulillah hari ini sudah kita resmikan, walaupun sebelumnya kita ragukan penyelesaiannya. Akan tetapi semua diluar dugaan dan dapat selesai dengan baik sesuai target. Saya pesankan kepada aparatur nagari, keberadaan gedung baru harus menjadi semangat baru dalam melayani masyarakat,” katanya.

Diteruskan, semua pembangunan yang direncanakan akan dapat berjalan dengan baik jika seluruh elemen di kenagarian terus menjaga kekompakan bersama.

“Seluruh elemen harus kompak. Jika ada persoalan, sampaikan secara langsung untuk dicarikan solusi secara bersama,” ujar Syahiran.

Lanjutnya, disamping itu persoalan pemekaran nagari juga harus dipandang sebagai persoalan pemerintahan dan bukan persoalan adat atau tanah ulayat. Hal tersebut tidak ada kaitannya.

“Jika nantinya Nagari Ujung Gading dibagi menjadi Delapan nagari, niniak mamaknya tidak menjadi berjumlah Delapan juga. Nilai adat tetap pada kondisi sebelumnya, sebab pemekaran nagari hanyalah pemekaran wilayah secara pemerintahan,” jelasnya.

Diakhir sambuatannya Syahiran berpesan agar perkembangan pembangunan wilayah Ujung Gading kedepannya menjadi pemikiran bersama pemerintah dan masyarakat setempat agar populasi penduduk tidak hanya bertumpu pada pusat pasar Ujung Gading dan sekitarnya saja.

“Perkembangan wilayah Ujung Gading ini harus dipikirkan kedepan. Jalan lingkar harus dibangun lebih dari satu. Saat ini ada yang sedang dalam proses. Namun itu perlu ditambah lagi agar pemukiman penduduk dapat lebih tertata dengan baik,” Syahiran mengakhiri.

Sementara Pj. Walinagari Ujung Gading, Padri Lubis menyampaikan bahwa pembangunan gedung kantor yang baru dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan publik di kenagarian setempat.

“Tujuan pembangunan gedung kantor yang baru adalah dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan publik, melaksanakan pelayanan publik sesuai SOP dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat dalam pelayanan,” tutur Padri.

Turut hadir, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Pasbar, H. Irwan, Asisten Administrasi, Drs. Raf’an, Camat Lembah Melintang, Bona Fatwa, Danramil, Kapolsek Lembah Melintang, Pj. Walinagari, Kepala Jorong, Bamus, Niniak mamak, Bundo Kanduang dan masyarakat setempat.

Artikel ini telah dibaca 790 kali

Baca Lainnya
loading…