Sumatera Barat

Selasa, 12 Maret 2019 - 14:30 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Bandarejo Pasbar Masuk Nominasi LBS Tingkat Nasional

Pasaman Barat, – Jorong Bandarejo Nagari Lingkuang Aua Kecamatan Pasaman masuk nominasi penilaian Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) Tingkat Nasional yang dinilai oleh Tim Nasional Selasa, 12 Maret.

Jorong Bandarejo lolos hingga ke tingkat nasional setelah melewati penilaian tingkat kabupaten dan provinsi Sumatera Barat.

Tuan rumah yang menyambut tim penilai dipimpin oleh Bupati Syahiran dan Ketua TP. PKK Ny Yunisra Syahiran yang dimulai dari kediaman bupati setempat. Tim penilaian yang datang dari PKK RI diketuai oleh Dr. Rien Riantari PKK RI Pokja IV, Deki dari Direktorat Lingkungan Kementerian Kesehatan, Wahyu Ningsih dari Direktorat Lingkungan Kementerian Kesehatan.

Bupati Pasbar Syahiran menyampaikan, tim penilai mendapatkan kesan yang bagus di Bandarejo. Jorong Bandarejo merupakan salah satu dari jorong yang ada di Nagari Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Pembangunan di Pasbar terus digencarkan demi terwujudnya Pasbar yang mandiri dan sehat.

“Untuk menciptakan lingkungan yang sehat itu, kita ada program yang salah satunya program bantuan jamban yang sudah mencapai dua ribu lebih jamban di Pasbar. Gerakan ini bertujuan tidak lain untuk mengkampanyekan gerakan hidup bersih dan sehat. Jorong Bandarejo merupakan salah satu jorong yang memiliki nilai tertinggi kreatifitas gotong royongnya,” jelas Syahiran.

Ia melanjutkan, penilaian yang dilakukan di Jorong Bandarjo oleh tim penilaian diharapkan bisa membuat masyarakat semangat dan terus mempertahankan pola hidup bersih dan sehat. Walaupun penilaian LBS sudah selesai dilakukan nantinya.

“Kepada masyarakat Bandarejo terimakasih atas partisipasinya untuk mendukung kegiatan LBS ini. Kita semua berharap semoga kita bisa menjadi pemenang,” tandas Syahiran.

Ketua TP. PKK Ny. Yunisra Syahiran dalam sambutannya menyampaikan jika Bandarejo masuk penilaian kategori Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) di 10 program pokok PKK. Kegiatan LBS merupakan refleksi dari program Keluarga Berencana Kesehatan (KB Kes).

“Alhamdulillah, kita masuk dalam nominasi salah satu dari 10 program pokok PKK yakni kategori LBS. Dengan lingkungan yang bersih dan sehat akan menciptakan keluarga yang sehat pula,” tandas Ny. Yunisra Syahiran.

Apa yang disampaikan oleh Bupati Syahiran dan Ketua TP. PKK Ny. Yunisra Syahiran disambut baik oleh Ketua tim Dr. Rien Riantari PKK pusat Pokja IV.

“Kami ke sini atas laporan dokumentasi lanjutan yang telah kami terima beberapa waktu lalu dan pada akhirnya Bandarejo akhirnya keluar sebagai nominasi LBS tingkat nasional. Masuk menjadi nominasi saja sudah bagus dan lebih baik lagi menjadi pemenang. Izinkan kami nanti melakukan penilai lanjutan dengan terjun ke lapangan dan melakukan tes salah satunya wawancara dengan masyarakat. Kita akan bertukar informasi dengan masyarakat Bandarejo,” papar Dr. Rien Riantari.

Pasbar patut berbangga dan bahagia karena menjadi salah satu dari 16 provinsi di Indonesia yang masuk menjadi nominasi LBS.
“Semoga LBS ini menjadi pemicu bagi masyarakat untuk terus melakukan gotong royong dan menggerakkan kegiatan PKK,”pinta Dr. Rien Riantari.

Kegiatan ekspos Bandarejo dilakukan oleh ketua tim PKK Lingkuang Aua, Ny. Nindy Al Hadi.

Artikel ini telah dibaca 757 kali

Baca Lainnya
loading…