Sumatera Barat

Kamis, 21 Februari 2019 - 13:00 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Musrenbang Rao Utara Fokus pada Usulan Masyarakat

Pasaman, – Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis diwakili Staf Ahli Hermanto membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), di gedung Serba Guna Rao Utara, Kamis, (21/2/19).

Tampak hadir kepala Bappeda, Kadis Pendidikan, Kadis Kominfo, Kadis Lingkungan, Kepala BPBD, Kapala Disporapar, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Sosial, Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Dinas Perindagnaker dan DPM.

Bupati Pasaman melalui Staf Ahli Bidang Hukum Politik dan Pembangunan Hermanto dalam sambutannya mengatakan, Musrenbang adalah kegiatan rutin tahunan dalam upaya menyusun perencanaan dibidang pembangunan.

“Ini merupakan suatu proses untuk menentukan kebijakan masa depan melalui urutan pilihan yang melibatkan berbagai unsur pemangku kepentingan, guna pemanfaatan dan pengalokasian sumberdaya yang ada dalam jangka waktu tertentu,” katanya.

Ia jelaskan berdasarkan agenda prioritas pembangunan, seluruh rencana pembangunan dirumuskan mulai dari perencanaan tingkat Nagari, tingkat Kecamatan, tingkat Kabupaten bahkan dapat diperjuangkan pada Musrenbang  tingkat Provinsi dan Nasional.

BACA JUGA :
Wabup Pasaman Buka Musrenbang di Matuse

Wabup Pasaman Buka Musrenbang di Tigo Nagari Prioritaskan Akses Nagari

Camat Rao Utara Firsya Edwis mengatakan perencanaan pembangunan yang dibicarakan dalam musrenbang melalui penjaringan aspirasi masyarakat dalam menentukan prioritas yang menjadi permasalahan di Jorong-jorong, Nagari-nagari, yang pada dasarnya diawali oleh rembug warga, diteruskan dengan Musrenbang Kecamatan.

Senada disampaikan Wali Nagari Koto Rajo Irpan mentakan, “Kegiatan APBD berasal dari aspirasi masyarakat, selain dari Musrenbang, juga melalui Reses Dewan. Jadi kita perjuangkan usulan warga tersebut, agar pembangunan seperti infrastruktur dan bidang lainnya merata di setiap jorong,” ungkap Irpan.

(Darlin/hms)

Artikel ini telah dibaca 649 kali

Baca Lainnya
loading…