Sumatera Barat

Sabtu, 15 Desember 2018 - 16:07 WIB

5 bulan yang lalu

logo

Terima Alat EWS, Masyarakat Pasbar Bisa Tahu Akan Terjadi Banjir

Pasbar, – Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) menerima alat Early Warning System (EWS) (peringatan dini banjir) dari Kementrian Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (PDT) di kantor Nagari Aia Gadang, Sabtu (15/12/18).

Penyerahan alat EWD ini dihadiri Bupati Pasbar yang diwakili Asisten Pemerintahan Edy Murdani, S.H. dan Kepala BPBD Tri Waluyo. Turut hadir Camat Pasaman Andre Afandi, Wali Nagari danĀ  tokoh masyarakat setempat.

Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi diwakili oleh Direktur Jendral PDTU Ir. Aisyah. MM dan Staf Khusus Mentri Febby Dt. Bangso beserta rombongan.

Bupati Pasbar melalui Asisten Pemerintahan Edy Murdani, S.H. menyampaikan terkadang bencana alam menjadi tolak ukur sebuah pembangunan, bagaimana suatu daerah bisa kembali pulih dan bangkit setelah bencana terjadi, kemampuan untuk memulihkan diri tentunya bukanlah pekerjaan sesaat. Perlunya kerjasama, koordinasi pengendalian dan juga perencanaan termasuk didalam pengawasan.

Pentingnya melakukan pencegahan dan kesiapsiagaan bencana, besar manfaatnya sebelum bencana terjadi, sudah siap siaga untuk menghadapi dan mengurangi resiko bencana.

Early Warning System (EWS) atau peringatan dini merupakan sebuah tatanan penyampaian informasi hasil prediksi terhadap sebuah ancaman kepada masyarakat sebelum terjadinya sebuah peristiwa yang dapat menimbulkan resiko.

“EWS bertujuan untuk memberikan peringatan agar penerima informasi segera siap siaga dan bertindak sesuai kondisi, situasi dan waktu yang tepat”, sebut Dirjend PDTU Kemendes dalam sambutannya.

Artikel ini telah dibaca 139 kali

Baca Lainnya
loading…