Sumatera Barat

Selasa, 4 Desember 2018 - 23:56 WIB

3 bulan yang lalu

logo

Kesatuan Gerak PKK-KB Kes Pasbar Dinilai

Sumatera Barat, – Penilaian Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2018 di buka oleh ketua TP. PKK Pasaman Barat (Pasbar) Hj. Yunisra Syahiran di Jorong Tanjung Pangkal Kecamatan Pasaman, Selasa (4/12/18).

Ketua TP. PKK Hj. Yunisra Syahiran menyampaikan kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB dan Kesehatan merupakan salah satu bentuk intensifikasi gerakan PKK bersama lintas sektoral, kegiatan ini bertumpu pada kegiatan kelompok masyarakat, PKK, institusi KB kesehatan nagari dan kader sebagai ujung tombok kegiatan tersebut.

“Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan merupakan kegiatan integrasi antara Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Perlindungan Perempuan dan Anak, Dinas Kesehatan dan TP. PKK Pasbar dalam rangka mencapai sasaran yang telah ditetapkan seperti pembentukan kelompok dasawisma baru dan yang aktif, peningkatan pelayanan kontrasepsi dan kesehatan reproduksi, peningkatan advokasi dan KIE KB, Lingkungan Bersih Sehat (LBS) serta prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di rumah tangga dan juga pos pelayanan terpadu (Posyandu). “tutur Yunisra.

Pada penilaian ini ada 4 kejorongan yang di ikut sertakan PKK-KKBPK Kesehatan di jorong Tanjung Pangkal yang juga merupakan jorong Kampung KB, prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di Jorong Tongar, Lingkungan bersih sehat (LBS) di Jorong Bandarejo, sedangkan pos pelayanan terpadu (posyandu) berada di Jorong Padang Durian Hijau.

Secara keseluruhan jorong ini berada di kecamatan pasaman, jorong-jorong ini memberikan konstribusi positif dan mampu mempercepat terwujudnya keluarga yang berkarakter. Kesungguhan Tim Penggerak PKK mulai dari pusat hingga daerah untuk membantu mewujudkan keluarga sejahtera serta memperkuat peran kelompok dasawisma dan pemberdayaan masyarakat, harapnya.

Turut hadir tim penilai dari Provinsi Sumatera Barat Drs. Bahrisal, MM beserta jajaran, Ketua GOW Sifrowati Yulianto, Asisten Irwan, kepala OPD, Kabag dan Camat Pasaman, Wali Nagari, Anggota majelis taklim serta ninik mamak cadiak pandai setempat.

Dalam penutupan amanatnya Hj. Yunisra Syahiran sangat mengharapkan saling menjaga kekompakan dan saling menjaga dan mempertahankan kebersihan lingkungan serta semoga kampung kita bisa mendapatkan prediket juara untuk tingkat propinsi nantinya.

Artikel ini telah dibaca 63 kali

loading…


Baca Lainnya